Kisah orang Arab yang menyelamatkan perempuan Yahudi dari Holocaust Nazi

Satu-satunya orang Arab yang mendapatkan kehormatan tertinggi dari pemerintah Israel karena menyelamatkan orang Yahudi dari tragedi Holocaust Nazi.

Dokter Mohamed Helmy, seorang warga negara Mesir, menyembunyikan seorang perempuan muda Yahudi dan membantu keluarganya di kota Berlin, Jerman, ketika Nazi memburu orang-orang Yahudi.

Mohamed Helmy ketika itu tinggal dan bekerja di kota Berlin sejak sebelum Perang Dunia II.

Diwakili oleh keponakannya, Helmy -meninggal dunia pada 1982- mendapatkan penghargaan tersebut dalam sebuah upacara di Kantor Kementerian luar negeri Jerman di kota Berlin.

Putri Anna Boros juga datang dari kota New York, AS untuk ikut terlibat dalam pemberian penghargaan kepada Dokter Helmy.

Sekitar 70 orang Muslim -dari sekitar 26.500 orang non-Yahudi- diakui oleh pemerintah Israel sebagai penyelamat orang-orang Yahudi dari kekejaman Nazi Jerman.

Mohamed Helmy menetap di Berlin pada 1922, saat studi kedokteran dan bekerja di sebuah rumah sakit. Dia sendiri mengalami diskriminasi rasial saat Partai Nazi berkuasa, sehingga dia kehilangan pekerjaan dan dua kali ditangkap.

Ketika penganiayaan terhadap orang Yahudi Jerman meningkat, Helmy memberikan tempat persembunyian untuk salah seorang pasiennya, Anna Boros, 21 tahun, di rumah miliknya di kota tersebut.

Dia berhasil melindunginya dari Gestapo -polisi rahasia Nazi- dan memberikan bantuan kepada ibu, ayah tirinya dan neneknya hingga Perang Dunia II berakhir pada 1945.

Belakangan, Anna Boros, memberikan kesaksian dalam sebuah tulisan: “Dengan kebaikan hatinya, Dokter Helmy melakukan segalanya demi saya. Karena itulah, saya berterima kasih kepadanya.”

Pada 2013 lalu, Helmy telah diakui oleh Yad Vashem, lembaga nasional bentukan pemerintah Israel terkait korban tragedi holocaust, sebagai orang non-Yahudi yang mempertaruhkan nyawa dan segalanya demi menyelamatkan orang-orang Yahudi dari kejahatan Nazi Jerman. (bbc-29 oktober 2017)

About Author:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *